«

»

Mar 30

Masjid Jin

1297442382298438692

Masjid ini terletak lebih kurang satu kilometer dari Masjidil-Haram arah ke pemakaman Ma’la, dan berada di samping pemakaman Ma’la. Masjid ini dinamakan Masjid al-Jin karena di Masjid inilah beberapa jin menyatakan kepada Rasulullah untuk beriman. Masjid ini disebut juga Masjid al-Bai’ah, karena di tempat itulah jin berbaiat kepada Rasulullah untuk beriman kepada al-Qur an dan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah saw..

Selain itu, di tempat ini juga turunnya ayat al-Qur an surat al-Jin, surat ke-72. Diriwayatkan ketika Rasulullah dan para sahabatnya melakukan shalat subuh, ketika dibacakan beberapa ayat al-Qur an, sekumpulan jin yang sedang dalam perjalanan menuju Tihamah mendengar bacaan ayat-ayat al-Qur an itu. Setelah shalat, mereka lalu berdialog dengan Nabi kemudian mereka menyatakan diri beriman. Di tempat itulah Allah menurunkan ayat-ayat surat al-Jin.

Sekarang, tempat ini diabadikan dengan mendirikan Masjid disitu, berukuran sedang, dipergunakan untuk shalat lima waktu berjamaah biasa. Dinamakan Masjid Jin hanya sebagai lambang sejarah peristiwa diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>