Feb 07

Tips Packing Sebelum Berangkat Umrah

Jamaah umrah laki-laki dan perempuan tentu harus menyiapkan perlengkapan umrah yang harus dibawa selama berada di Tanah Suci. Berikut ini Tips Packing Perlengkapan Umrah untuk laki-laki dan perempuan.

Perlengkapan umrah pria/laki-laki:

  1. Celana panjang 2 stel
  2. Baju takwa 2 stel
  3. Sarung 2 buah
  4. Kain ihram dan sabuknya. Kain ihram dan sabuknya ini biasanya sudah diberikan oleh biro umrah ketika kita sudah melunasi pembayaran sehingga tidak perlu beli lagi.
  5. Kaos oblong  2 atau 3 buah.  Untuk kaos oblong cukup bawa 2 atau 3 buah, tetapi dengan catatan setelah dipakai bisa segera dicuci sendiri. Tetapi kalo malas mecuci bisa bawa kaos oblong yang lebih banyak.
  6. Jaket 1 buah. Jaket berguna untuk menahan dingian terutama ketika kita menunggu penerbangan di bandara Internasional yang AC nya sangat dingin.
  7. Alat cukur (shaver, bukan silet)
  8. Sandal 1 pasang
  9. Keperluan mandi (sabun, pasta gigi, sikat gigi, handuk)
  10. Obat-obatan yang cocok. Bawalah obat-obat yang biasa digunakan untuk penyakit ringan yang biasa menyerang seperti obat batuk, flu dan sakit kepala, obat gosok (minyak kayu putih, minyak angin, dll) atau obat resep dokter yang biasa dikonsumsi.

Perlengkapan Umrah Bagi Perempuan/wanita:

  1. Baju sehari-hari 3 pasang
  2. Mukena 1 buah
  3. Kaos tangan terbuka tapak tangan 2 bh
  4. Kaos kaki
  5. Kain ihram
  6. Baju tidur
  7. Keperluan mandi (sabun, pasta gigi, sikat gigi, handuk, samphoo, minyak wangi)
  8. Obat-ob0tan yang cocok.

Baju dan perlengkapan umrah di atas adalah keperluan standar untuk ibadah umrah selama 9-12 hari. Masing-masing orang bisa menyiapkan perlengkapan umrah lebih dari yang tertera diatas bila dirasa kurang.

Ketika kita sudah melunasi pembayaran biaya umrah maka kita akan diberikan 3 tas yang terdiri dari Tas trolly (yang akan dibagasikan), tas tenteng dan tas kecil. Tas kecil itu nantinya akan kita pakai terus. Tas ini nantinya untuk tempat untuk menyimpan paspor dan tiket pesawat dan juga obat-obat ringan atau obat gosok atau minyak angin yang biasa kita gunakan ketika bepergian. Tas ini juga bisa diisi buku kecil /notes dan pulpen bagi yang mungkin biasa menulis. Tas kecil ini bisa juga diisi buku doa kecil atau buku panduan umrah yang kita punya untuk kita baca-baca sambil menunggu penerbangan.

Sedangkan tas tenteng ketika berangkat boleh tidak kita isi apa-apa tetapi tetap perlu dibawa. Kegunaan tas tenteng ini adalah untuk tempat pakaian ihram ketika kita akan mengambil niat ihram dan juga bisa untuk tempat meletakkan pakaian kotor kita. Jadi nanti tas tenteng bisa dimasukkan di tas trolly.

Cara Packing Perlengkapan Umroh

Ketika manasik umrah memang boleh ditanyakan mengenai cara packing perlengkapan umrah. Berikut ini hanya cara praktis packing perlengkapan umrah: Tas tenteng silakan masukkan kedalam tas trolly besar. Setelah itu diatasnya bisa dimasukkan perlengkapan umrah seperti yang tertera di atas. Berikut ini beberapa catatan yang penting tentang cara packing  perlengkapan umrah:

  1. Jangan lupa memberi nama dan alamat kita pada ketiga tas diatas supaya tidak tertukar dengan yang lain mengingat semua tas warna dan jenisnya sama.

Catatan: no 2-4 di bawah ini bagi yang sudah biasa menggunakan jasa transporatasi pesawat terbang tentu tahu aturan penerbangan. Bagi yang tidak biasa berikut ini aturan penerbangan yang harus anda ikuti:

  1. Semua jenis pisau, silet yang terbuat dari logam dan senjata tajam lainnya seperti pemotong kuku, gunting dimasukkan dalam tas/koper yang dibagasikan, jangan dimasukkan di tas tenteng/tas paspor.
  2. Semua jenis cairan/gel yang berukuran lebih dari atau diatas 100ml seperti pasta gigi, parfum, shampo, sabun cair, minyak rambut lebih baik dimasukkan kedalam tas trolly yang dibagasikan.
  3. Beban Bagasi maksimal adalah 20kg/orang, biasanya secara umum kelebihan bagasi per 1 klogram akan dikenakan denda Rp 15.000.  Kelebihan bagasi ini biasanya terjadi ketika pulang karena ada tambahan oleh-oleh umrah.

Demikian tips packing perlengkapan umrah. Semoga dengan persiapan kita yang matang, ibadah umrah yang dijalankan dapat berjalan dengan khidmat dan lancar. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.